Sejak tanggal 24 May 2014, www.dapatinfo.com sudah resmi dipindah ke www.tiketips.com. Terima Kasih
Google PlusFacebook Fans PageTwitter

Bagasi Gratis Maskapai Penerbangan

Bagasi gratis dari maskapai penerbangan diberikan kepada penumpang sebagai salah satu layanan dari airlines. Sebahagian maskapai penerbangan memberikan fasilitas bagasi gratis namun tentunya dengan kebijakan dari maskapai penerbangan masing masing seperti jenis barang bagasi, berat bagasi serta ukuran bagasi. Bagasi gratis pesawat garuda indonesia bisa jadi berbeda dengan bagasi gratis pesawat lion air, begitu pula bagasi gratis pesawat sriwijaya juga bisa berbeda dengan bagasi gratis yang diberikan oleh maskapai penerbangan batavia air atau maskapai penerbangan lainnya.
Tas Bagasi Pesawat

Bagasi adalah barang bawaan penumpang yang diperbolehkan dibawa kedalam pesawat terbang  untuk diangkut sesuai dengan tujuan penumpang yang membawa barang tersebut. Jika bagasi yang dibawa sudah melebihi berat bagasi gratis dari maskapai penerbangan, maka penumpang harus membayar biaya kelebihan bagasi. Sebagai bahan informasi dan acuan tentang bagasi gratis dari beberapa airlines, disini kami berikan informasi bagasi gratis berdasarkan masing masing maskapai penerbangan.

Bagasi Gratis Garuda Indonesia

Garuda Indonesia mempunyai tiga kategori bagasi yaitu bagasi terperiksa, bagasi tidak terperiksa dan bagasi gabungan. Bagasi gratis untuk rute domestik penumpang dewasa dan anak anak seberat 30 kg (kelas bisnis) dan 20 kg (kelas ekonomi) serta penumpang bayi (infant) seberat 10 kg (kelas bisnis dan ekonomi). Selain itu, garuda indonesia memperbolehkan membawa bagasi berupa tas jinjing, bagasi untuk kabin dengan ketentuan panjang ukuran maksimun dari bagasi adalah panjang 56cm (22 inc), tinggi 45cm (18 inc) dan lebar 25cm (10 inc), volume dari panjang, tinggi dan lebar total tidak boleh melebihi 155cm atau beratnya melebih 7kg.

Untuk rute internasional, bagasi gratis garuda indonesia sama dengan rute domestik hanya untuk beberapa rute internasional tertentu dan jenis penumpang tertentu bagasi gratis garuda indonesia bisa mencapai 40 kg per penumpang.

Bagasi Gratis Lion Air

Lion Air memperbolehkan penumpangnya untuk membawa satu tas jinjing dengan ukuran maksimal 40cm x 30cm x 20cm dan berat maksimal 10 kg kedalam pesawat. Penumpang yang mempunyai tiket kelas bisnis memiliki bagasi gratis seberat 30 kg dan penumpang dengan tiket kelas ekonomi memiliki bagasi gratis seberat 20 kg. Untuk penumpang bayi jika tidak membeli kursi maka tidak memiliki bagasi gratis dari lion air.
Bagasi Gratis Sriwijaya Air
Bagasi tangan atau gabasi kabin sriwijaya air tidak boleh melebihi dari ukuran ukuran 55cm x 35cm x 25 cm. Sriwijaya air juga memperbolehkan penumpangnya membawa bagasi gratis seberat 20 kg kecuali untuk rute dari jakarta ke tanjung pinang yaitu seberat 15 kg.

Bagasi Gratis Batavia Air

Untuk maskapai penerbangan batavia air, bagasi kabin atau tangan tidak boleh melebihi dari ukuran 56cm x 36cm x 23cm, bagasi gratis lainnya adalah seberat 20 kg untuk rute domestik dan rute internasional singapura dan jeddah adalah 25 kg. Untuk penumpang bayi tidak mendapatkan bagasi gratis dari batavia air.

Bagasi Gratis Citilink

Setiap penumpang citilink mendapatkan bagasi gratis seberat 20 kg dan diperbolehkan membawa bagasi kabin tidak melebihi seberat 7 kg dan ukuran 50cm x 36cm x 15cm, jika bagasi tangan melebihi berat yang ditetapkan maka harus dimasukkan kedalam ruang bagasi pesawat. Bagasi gratis ini tidak diberikan untuk penumpang bayi.

Bagasi gratis maskapai penerbangan rata rata adalah 30 kg untuk rute internasional dan 20 kg untuk rute domestik, jika pada saat check in bagasi melebihi ketentuan dari maskapai penerbangan maka penumpang diharuskan membayar kelebihan bagasi sesuai peraturan dari airlines bersangkutan.