Biaya Bagasi dan Kelebihan Bagasi Citilink

Halloww pelanggan setia citilink, apa kabar? semoga sehat sehat selalu ya...bagaimana pelayanan citilink sampai saat ini? semoga tetap bagus dan semakin hari semakin baik.

Membahas soal tiket citilink, sebelumnya sudah pernah dipublikasikan tentang Refund, perubahan jadwal tiket Citilink yang membahas tentang refund serta perubahan jadwal penerbangan tiket citilink beserta biaya biayanya.

Kali ini masih tentang citilink, tiketips.com akan bercerita sedikit tentang biaya bagasi dan biaya kelebihan bagasi bagi pengguna tiket citilink.

Biaya Bagasi dan Kelebihan Bagasi Citilink

Pemegang tiket citilink secara otomatis sudah mendapatkan free bagasi (bagasi gratis) seberat 20 kg untuk setiap penumpang dan setiap rute perjalanan, artinya ketika tiket citilink sudah dibeli, kita berhak mendapatkan bagasi maksimal seberat 20 kg secara gratis tanpa biaya.

Namun bagaimana jika ternyata bagasi yang kita bawa melebihi 20 kg?. Nah, ini dia tujuan utama artikel kali ini, berapa biaya yang harus dibayarkan jika ternyata barang bawaan melebihi free bagasi 20 kg atau sebelumnya ada rencana untuk membawa bagasi lebih dari 20 kg.

Kelebihan bagasi citilink melalui Check in Counter

Berhubung saudara dikampung banyak minta oleh oleh, otomatis bawang bawaan pun menjadi berkarung karung hehehe...

Pada saat melakukan check in dikonter citilink bandara, setelah ditimbang ternyata berat bagasi 45 kg, waahh...bagasi gratis kan cuma 20 kg, otomatis terjadi kelebihan bagasi sebesar 45 - 20 = 25 kg.

Bagaimana ini? apa sisanya gak bisa dibawa atau harus bayar berapa untuk kelebihan bagasi ini?. Nah, kelebihan bagasi pada saat check in counter citilink akan dikenakan biaya tambahan.

Tergantung lama penerbangan, biaya tambahan dibagi menjadi 3 yaitu:

  1. Untuk lama penerbangan 0 - 1 jam akan dikenakan biaya kelebihan bagasi sebesar 20.000/kg.
  2. Untuk lama penerbangan 0 - 1,5 jam akan dikenakan biaya kelebihan bagasi sebesar 25.000/kg.
  3. Untuk lama penerbangan 0 - 2 jam akan dikenakan biaya kelebihan bagasi sebesar 30.000/kg.

Dari cerita diatas dapat diketahui berapa biaya kelebihan bagasi dengan mengalikan jumlah kelebihan bagasi dengan biayanya, sebagai contoh jika penerbangan 0 - 1 jam maka jumlah yang harus dibayar untuk kelebihan bagasi citilink adalah 25 kg x 20.000 = 500.000.

Mau tidak mau dompet pun keluar dari sarangnya dan 5 lembar uang seratus ribuan pun berpindah tangan...hehehe, gpp..yang penting saudara dikampung bahagia dapat oleh oleh :)

Kelebihan bagasi citilink melalui Online Booking

Sama halnya dengan biaya kelebihan bagasi pada saat check in counter bandara, biaya kelebihan bagasi jika melakukan check in melalui online booking alias web check in citilink tetap terbagi 3 yaitu:

  1. Untuk lama penerbangan 0 - 1 jam akan dikenakan biaya kelebihan bagasi sebesar 10.000/kg.
  2. Untuk lama penerbangan 0 - 1,5 jam akan dikenakan biaya kelebihan bagasi sebesar 15.000/kg.
  3. Untuk lama penerbangan 0 - 2 jam akan dikenakan biaya kelebihan bagasi sebesar 20.000/kg.

Untuk perhitungannya sama dengan perhitungan diatas dengan mengalikan jumlah kelebihan bagasi dengan biaya yang sudah ditetapkan.

Biaya Bagasi dan kelebihan bagasi barang khusus

Untuk beberapa penumpang dengan bawaan tertentu, misal nih; pak polisi yang bawa pistol, pemain golf yang bawa tas golf, pemusik dengan alat musik dan barang lain yang sudah ditentukan citilink, maka biaya kelebihan bagasinya adalah sebagai berikut:

  • Penumpang yang membawa senjata api / perangkat keamanan, pisau, pedang dan benda-benda lain yang dikategorikan sebagai sejenis Security Items lainnya akn dikenakan biaya bagasi (bagasi yang dititipkan) sebesar 100.000 perorang
  • Penumpang citilink yang membawa alat alat musik sebagai bagasi akan diperhitungkan sebagai bagasi normal dan kelebihan bagasi mengacu pada perhitungan kelebihan bagasi normal. Namun perhitungan bagasi untuk alat alat musik ini adalah perjenis barang, misalnya penumpang citilink membawa drum dan gitar dihitung 2 barang bawaan dan tidak ditimbang perbarang.
  • Penumpang membawa bagasi papan selancar angin, papan selancar, papan layar, paralayang juga sama dengan penumpang membawa alat musik untuk perhitungan biaya bagasi dan kelebihan bagasinya.

Biaya biaya dan perhitungan bagasi citilink diatas tiketips.com dapatkan langsung dari citilink, jika suatu saat ada perubahan, tiketips.com akan secepatnya melakukan update.

Nah, dengan adanya gambaran free bagasi dan biaya kelebihan bagasi citilink ini dapat memudahkan kita merencanakan barang barang apa saja yang akan dibawa dan mempersiapkan dana jika ternyata bagasi melebihi free bagasi sehingga ketika nanti melakukan check in bagasi tidak terkejut lagi.