Reservasi dan Tiketing Garuda Indonesia

Reservasi dan Tiketing adalah dua proses yang harus dilewati untuk mendapatkan tiket pesawat terbang, jangan hanya karena ingin mendapatkan tiket pesawat murah atau promosi kedua hal tersebut kita abaikan. Tidak sedikit kejadian dimana nama penumpang yang berbeda dengan nama yang tertera ditiket, jadwal keberangkatan yang salah dan lain sebagainya.

Untuk mengingat kembali agar tidak terjadi kesalahan dalam proses reservasi tiket pesawat maupun proses tiketing tiket, disini akan dijelaskan tentang panduan untuk proses reservasi dan tiketing tiket pesawat garuda indonesia.

Panduan dalam Reservasi dan Tiketing Garuda Indonesia

Secara khusus, panduan ini berguna untuk para staff di bagian reservasi dan tiketing travel agent yang menjual tiket pesawat garuda indonesia dan dikantor penjualan garuda indonesia sendiri, namun secara umum panduan reservasi dan tiketing ini tentunya juga sangat berguna untuk para pelanggan garuda indonesia agar kesalahan yang tidak perlu terjadi dapat diminimalisir.

Panduan Reservasi Tiket Garuda Indonesia

  1. Pastikan melakukan booking dengan nama penumpang sesuai dengan nama yang tertera pada kartu identitas (KTP/Kartu Pelajar untuk penerbangan domestik dan PASSPORT untuk penerbangan internasional.
  2. Pastikan booking segment (Itinerary) sudah sesuai dengan permintaan penumpang.
  3. Pastikan agen / penumpang sudah mengetahui batas waktu pembelian ticket yang diberikan (TIME LIMIT).
  4. Pastikan nomor telepon penumpang sudah di setiap kota pemberhentian (stop over point) yang dapat dihubungi (local Contact ; lebih dikehendaki nomor handphone/mobile phone penumpang) telah tertera pada PNR dan informasikan kepada penumpang hal ini untuk memudahkan saat menghubungi penumpang untuk memberitahukan flight irregularity seperti schedule change, Flight NOOP, dll agar penumpang tidak tertinggal atau tidak bisa melakukan perjalanan.
  5. Pastikan setiap PNR memiliki nomor ticket yang benar (SSRTKNE), Garuda akan membatalkan segment lanjutan yang tidak mempunyai ticket. Seperti contoh rute PKU-JKT-PKU, yang tercantum hanya ticket PKU-JKT maka Garuda akan membatalkan rute JKT-PKU yang tidak ada ticket nya.
  6. Pastikan permintaan penumpang akan special service requirement (SSR) tercatat dengan baik dan benar pada PNR sesuai aturan yang berlaku.
  7. Pastikan permintaan akan baby bassinet terbukukan dengan baik dan benar. Nomor kursi yang diberikan harus sesuai dengan kursi yang disediakan untuk fasilitas BSCT tersebut.
  8. Pastikan nama penumpang bayi dan usianya sudah dimasukan kedalam PNR pada SSR INFT.
  9. Pastikan nama penumpang anak-anak dan usianya sudah dimasukan kedalam PNR pada SSR CHLD.
  10. Pastikan informasi nomor ticket ada pada PNR, baik pada SSR TKNE,TKT-DATA STORED (FW*)

Panduan Tiketing Tiket Garuda Indonesia

  1. Pastikan membuat ticket dengan nama penumpang sesuai dengan yang tertera pada kartu identitas.
  2. Pastikan nomor ticket pada itinerary Ticket Receipt / ITR yang tercetak ada dalam data base computer / ARGA ET (Setelah cetak ticket selalu lakukan FW*NO ticket).
  3. Pastikan ticket image yang tercetak benar sesuai jumlah flight coupon dan status coupon O (OPEN).
  4. Pastikan setiap PNR memiliki nomor ticket yang benar (SSRTKNE), Garuda akan membatalkan segment lanjutan yang tidak mempunyai ticket. Seperti contoh rute PKU-JKT-PKU, yang tercantum hanya ticket PKU-JKT maka Garuda akan membatalkan rute JKT-PKU yang tidak ada ticket nya.
  5. Pastikan SSR TKNE harus sequence sesuai dengan itinerary reservasi.
  6. Pastikan semua informasi peraturan tarip yang yang ada pada ticket diketahui oleh oleh penumpang , seperti REBOOKING FEE, REISSUE FEE, OTHER PENALTIES, VALIDITY, DLL.
  7. Pastikan nomor telepon penumpang sudah di setiap kota pemberhentian (stop over point) yang dapat dihubungi (local Contact ; lebih dikehendaki nomor handphone/mobile phone penumpang) telah tertera pada PNR dan informasikan kepada penumpang hal ini untuk memudahkan saat menhubungi penumpang untuk memberitahukan flight irregularity seperti schedule change, Flight NOOP, dll agar tidak mengakibatkan penumpang tertinggal atau tidak bisa melakukan perjalanan.
  8. Pastikan pada waktu melapor chek in penumpang harus membawa kartu identitas yang nama nya sesuai dengan nama yang tertera pada ticket.
  9. Untuk ticket bayi (INFT),pastikan terhubung dengan nama dewasa yang sama pada reservasinya.
  10. Informasikan kepada penumpang bahwa Chek in dibuka 4 jam dan ditutup 1 jam untuk penerbangan internasional dan 45 menit untuk penerbangan domestik sebelum keberangkatan pesawat.

Semoga dengan adanya panduan diatas dapat meminimalisir atau menghindari terjadinya kesalahan dalam proses reservasi dan tiketing tiket garuda indonesia kita. Data yang benar, keselamatan dan kenyamanan adalah hal yang sangat diperlukan dalam perjalanan udara kita.

Booking Tiket Garuda melalui Call Center

Mau ke travel agent atau kantor penjualan garuda malasnya minta ampun, atau kendaraan sedang tidak ada, jangan cemas, booking tiket Garuda Indonesia bisa melalui Call Center dengan nomor telepon 0804 1 807 807 atau 021 2351 9999.

Ambil handphone, langsung deh tekan nomor diatas, staff garuda call center akan melayani. Beritahu rencana keberangkatan kita agar segera dapat di cek ketersediaan kursi dan harga.

Lakukan proses booking langsung kalo harga udah pas dikantong agar gak keduluan orang lain. Setelah proses reservasi atau booking selesai, ntar kita akan dapat kode booking, atau bahasa kerennya Passenger Name Reference number (PNR) dan 13-digit kode pembayaran, simpan kedua data ini untuk kebutuhan pada saat pembayaran nanti.

Booking Tiket Garuda melalui Travel Agent

Tiket Garuda bisa bisa dibooking melalui travel agent, caranya kita datengin aja tuh kantor travel agent, trus bilangin kalo kita ingin membeli tiket garuda.

Bilangin ke bagian reservasi travelnya tentang jadwal keberangkatan, daerah yang dituju dan jam keberangkatan sesuai yang kita inginkan. Ntar pihak travel agent akan mengecek harga tiket garuda berdasarkan jadwal yang kita sebutkan.

Kalo harga cocok, lakukan booking segera, jangan ditunda lagi, ntar takutnya harga tersebut keduluan diambil orang. Setelah selesai proses booking, kita akan diberikan kode booking dan timelimit pembayaran.

Selanjutnya, kalo udah ga ada keraguan lagi, langsung deh lakukan pembayaran agar tiket dapat diterbitkan. Bagaimana cara pembayarannya?...baca terus tulisan ini ya, karena dibawah kita juga terangkan cara pembayaran tiket garuda.

Booking Tiket Garuda melalui Kantor Penjualan Garuda

Kalo gak mau melalui travel agent, kita juga bisa melakukan booking melalui kantor penjualan garuda. Caranya datangin tuh kantor penjualan garudanya, ntar kita akan dilayani oleh staff reservasi mereka.

Beritahu bagian reservasi tersebut kapan dan kemana tujuan kita, ntar mereka akan melakukan pengecekan mengenai ketersedian seat dan harga tiketnya. Kalo harga udah cocok, mita mereka melakukan proses booking dan lakukan segera pembayaran.

Caranya gak jauh beda sih dengan booking melalui travel agent, bedanya cuma ditempat doang, dan di cara pembayaran aja. Cara pembayaran bisa dibaca terus sampai habis ya.

Booking Tiket Garuda melalui Website Garuda

Bagi yang gak gaptek, yang punya jaringan internet, bisa juga melakukan reservasi sendiri secara online. Caranya dengan membuka website garuda indonesia dengan alamat https://www.garuda-indonesia.com/id/id/index.

Reservasi melalui web ini disarankan hanya untuk yang benar benar sudah mengerti dan pernah melakukan saja, karena bagi yang belum mengerti akan terasa sulit dan akan mudah membuat kesalahan.

Sebagai contoh, jika kita salah dalam memilih jadwal, atau salah dalam penulisan nama, maka tiket tidak bisa diganti, karena itu diperlukan kehati hatian. Ada baiknya jika kita belum tahu dan masih ragu, lakukan reservasi melalai call center, travel agent atau kantor penjualan garuda saja.

Pembayaran Tiket Garuda Indonesia

Setelah selesai melakukan Booking Tiket Garuda, jika ingin mengambil tiket, maka terlebih dahulu harus melakukan pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan dengan berbagai cara, tergantung dimana kita melakukan pemesanan.

Jika reservasi booking dilakukan melalui call center, maka pembayaran bisa dilakukan dengan cara:

  • Menggunakan Kartu Debit melalui ATM.

    Nah, setelah booking kita kan dikasi kode booking dan kode pembayaran tuh, datengin aja ATM terdekat dan lakukan pembayaran di ATM, slip transaksi pembayaran kita ambil untuk mencetak tiket dikantor penjualan ataupun dibandara nantinya.

  • Menggunakan Kartu Kredit.

    Kalo kita ingin langsung bayar melalui call center juga bisa, menggunakan kartu kredit pembayaran dapat dilakukan melalui IVR (Interactive Voice Response) langsung melalui telepon, ntar setelah berhasil, kita akan mendapatkan kode approval.Tunjukkan kode aproval kalo nanti kita ingin mencetak tiketnya melalui bandara atau kantor penjualan garuda.

Nah, jika reservasi dilakukan melalui kantor penjualan garuda atau travel agent, biasanya sih pembayaran bisa dilakukan secara cash, kartu kredit ataupun transfer, tergantung dari fasilitas yang tersedia pada saat itu.

Bagaimana kita tahu fasilitas pembayaran yang tersedia?, langsung aja tanyain ke staff reservasi penjualan garuda atau staff travel agentnya.

Kalo pembayaran udah beres, langsung deh kita akan diberikan print out tiket. Udah gitu tinggal nunggu jadwal keberangkatan. Packing semua keperluan yang rapi, jangan bawa barang barang yang dilarang.