Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Aturan Tiket Pesawat Promo

Mendapatkan tiket murah memang gampang gampang susah. Setelah 3 hari bertanya kesana kesini baik ke travel agent maupun langsung ke airlines, akhirnya si Andi berhasil juga mendapatkan harga tiket sesuai dengan keinginannya yaitu harga tiket promo untuk rute Pekanbaru ke Jakarta. Ini katanya berkat membaca artikel disitus ini tentang Mendapatkan tiket murah yang menjelaskan cara cara berburu harga tiket promosi alias harga tiket murah.
Tiket pesawat promo

Andi mempunyai jadwal keberangkatan pada tanggal 23 September 2011 pada salah satu airlines dengan rute Pekanbaru Jakarta. Tiga hari lagi tepatnya jadwal keberangkatan itu, Andi sudah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam perjalanannya ke Jakarta untuk mengunjungi salah satu keluarganya disana. Semua persiapan telah disiapkannya karena terus terang pada kondisi sekarang yang semuanya serba mahal dia berhasil mendapatkan harga tiket promo. Namun sayang satu hari menjelang keberangkatannya, anak Andi yang pertama jatuh sakit dan harus dirawat kerumah sakit. Apa boleh buat, semua jadwal yang telah dipersiapkan Andi sebelumnya terpaksa dibatalkan termasuk tiket yang telah dibelinya.

Dengan membawa tiket yang telah dibelinya ( tiket promo ), Andi pergi menuju travel agent tempat dia membeli tiket tersebut dengan maksud untuk membatalkan perjalanannya dan meminta untuk dikembalikan (refund) uangnya. Namun tidak disangka oleh Andi, pihak travel agent tidak bisa mengembalikan uang tiket tersebut dengan alasan itu adalah tiket dengan harga murah alias tiket promo, kontan saja Andi marah marah kepada pihak travel agent tersebut, namun pihak travel agent tetap tidak bisa mengabulkan permintaan Andi untuk meminta kembali uang tiket tersebut.

Diatas adalah salah satu contoh kasus bagi mereka yang telah membeli tiket pesawat promo/murah dimana mereka tidak bisa melakukan perjalanan seperti yang telah mereka jadwalkan sebelumnya. Mereka tidak bisa mendapatkan kembali uang mereka atas pembatalan tiket tersebut walaupun pembatalan telah dilakukan jauh hari sebelum jadwal keberangkatan yang tertera di tiket mereka.

Kenapa bisa demikian ???

Kita memang selalu tergiur oleh harga tiket yang murah dan berlomba lomba untuk mendapatkannya. Ini tidak salah dan saya sendiri menganjurkannya karena tidak semua kita memiliki kemampuan untuk mendapatkan tiket dengan harga yang mahal. Apalagi disaat sekarang ini yang serba tidak menentu, harga harga semuanya mahal, maka tidak salah jika kita berusaha untuk mendapatkan tiket murah tersebut. Dalam kasus seperti diatas, pihak travel agent ataupun airlines tidak bisa kita salahkan karena mereka tidak bisa mengembalikan uang pembelian tiket tersebut walaupun kita melakukan pembatalan jauh hari sebelumnya. Kenapa?.. apakah pihak travel agent atau airlines tidak mempunyai uang untuk mengembalikannya ?? atau pihak travel agent atau airlines telah menipu dan mempermainkan kita ??.

Keadaan sebenarnya bukanlah begitu, tiket promo ataupun tiket murah mempunyai ketentuan ketentuan yang harus kita ambil resikonya jika kita telah membeli begitu pula dengan tiket mahal sekalipun tetap mempunyai aturan aturan yang telah ditetapkan oleh pihak penyedia jasa penerbangan.

Dalam kasus ini akan diterangkan sedikit tentang aturan aturan bagi kita yang telah membeli tiket pesawat promo.

Tiket Promo bersifat Fixed date

Tiket pesawat promo biasanya mempunyai validitas fixed date. Artinya tiket pesawat tersebut hanya bisa diterbangkan sesuai dengan reservasi yang telah dibuat ataupun sesuai dengan tanggal dan jam keberangkatan yang telah tertera dikertas tiket tersebut.

Sebagai contoh, Andi yang telah membeli tiket promo untuk jadwal keberangkatan tanggal 23 September 2011, maka Andi hanya bisa terbang dengan menggunakan tiket tersebut pada tanggal tersebut. Jika Andi ingin melakukan perubahan jadwal misalnya ingin dipindahkan ketanggal 25 September 2011, maka hal tersebut tidak akan bisa karena ketentuan tiket tersebut adalah fixed date.

Jadi bagaimana caranya untuk menghindari hal tersebut ??

Untuk menghindari kondisi diatas oleh karena itu diharapkan kepada kita untuk benar benar menjadwalkan keberangkatan kita dengan sebaik baiknya dengan arti jangan sampai pada saat keberangkatan kita mendapatkan halangan untuk terbang. Jika hambatan tersebut merupakan hal yang tidak kita duga seperti halnya Andi yang mendapatkan musibah anaknya sakit, ini sudah menjadi resiko kita karena tentunya pihak travel agent ataupun airlines telah menjelaskan aturan aturan untuk tiket kita bahwa tiket tersebut adalah fixed date. Jadi kita tetap tidak mendapatkan toleransi ?. Benar sekali, dalam keadaan apapun pihak travel agent atau airlines tetap tidak bisa memenuhi tuntutan Anda.

Catatan: Saat ini beberapa airlines sudah memperbolehkan perubahan jadwal tiket untuk tiket promo.

Tiket Promo bersifat Non Reroute

Non Reroute adalah aturan yang tidak memperbolehkan dilakukannya perubahan yang dilakukan terhadap reservasi kita dari rute lama ke rute baru. Misalnya rute lama Anda adalah Pekanbaru Jakarta dan Anda akan merubahnya menjadi Pekanbaru Medan, ini disebut Reroute.

Tiket pesawat promo sudah pasti sekali tidak bisa dilakukan Reroute, arti kata rute yang telah tertera ditiket pesawat promo Anda tidak bisa dilakukan perubahan rute untuk rute lain selain yang tertera ditiket.

Tiket Promo bersifat Non Open Date

Non Open Date maksudnya adalah aturan yang tidak memperbolehkan untuk membuat jadwal keberangkatan kita Open ( kapan saja asal masih dalam waktu valid tiket ). Seperti yang telah ditulis diatas, tiket pesawat promo adalah Fixed Date yang artinya harus diterbangkan pada saat tanggal keberangkatan yang tertera ditiket, jadi sudah pasti tiket ini juga termasuk tiket yang Non Open Date.

Tiket Promo bersifat Non Refund

Refund adalah pengembalian sejumlah uang pembelian tiket kepada pelanggan kembali dikarenakan tiket yang telah dibeli tidak jadi diterbangkan.

Besar refund untuk tiap tiap tiket biasanya tergantung dari potongan potongan seperti biaya administrasi, cancellation fee dsb. Jumlah refund adalah total tiket yang telah dibayar dikurangi dengan jumlah potongan potongan tersebut. Untuk tiket promo, aturan yang berlaku adalah Non Refund atau tidak bisa diuangkan atau kata lain harus diterbangkan.

Seperti yang Anda baca diatas, Andi yang ingin menguangkan kembali tiketnya tidak bisa dipenuhi oleh travel agent maupun pihak airlines karena memang tiket pesawat promo ini bersifat Non Refund. Jadi bagaimanapun alasannya, tiket ini tetap tidak bisa diuangkan.

Catatan: Sebagaimana halnya dengan perubahan jadwal untuk tiket promo, proses refund untuk tiket pesawat promo bagi sebahagian airlines juga sudah diperbolehkan.

Begitulah resiko yang mesti kita ambil jika kita membeli tiket pesawat promo. Oleh karena itu ada baiknya Anda benar benar memastikan dahulu jadwal keberangkatan Anda agar tidak terjadi hal hal yang tidak kita inginkan. Aturan aturan diatas merupakan aturan aturan umum, mungkin saja ada tambahan tambahan aturan dari pihak airlines yang mempunyai wewenang untuk melakukan itu dan biasanya sebelum kita membeli, kita akan diberitahu oleh pihak penjual tentang aturan aturan tersebut untuk menjaga jangan sampai terjadi kasus kasus seperti yang terjadi pada teman kita Andi.

Dengan adanya aturan aturan tersebut janganlah membuat kita surut dan tidak ingin lagi berburu tiket pesawat murah/promo, jika kita telah mengatur jadwal dengan sebaik baiknya, maka hal tersebut tidak akan terjadi. Lain halnya jika hambatan yang kita temukan adalah hambatan yang tidak terduga, nah itu sudah menjadi resiko bagi kita.

Bagaimanapun kemampuan kita, kita juga berhak untuk mendapatkan kesempatan merasakan pelayanan melakukan perjalanan menggunakan angkutan udara sebagaimana halnya orang orang dengan golongan ekonomi menengah keatas. Asalkan kita mengerti dengan aturan aturan yang telah dibuat oleh penyedia jasa angkutan penerbangan tersebut.

Sekarang ini dengan diberlakukannya sistem e-ticket ada beberapa dari aturan tiket pesawat promo diatas yang dihilangkan. Saat ini untuk beberapa airlines, tiket pesawat promo sudah bisa di refund dengan ketentuan dari masing masing airlines dan tiket pesawat promo juga bisa dilakukan perubahan jadwal keberangkatan selama masa validitas tiket belum habis.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :