Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Panduan untuk konekting flight

Connecting flight adalah penerbangan yang berhenti di bandara lain sebelum berangkat lagi menuju tujuan yang sebenarnya. Konekting flight bisa menggunakan pesawat dari airlines yang sama dan bisa juga menggunakan pesawat dengan airlines yang berbeda. Contoh konekting flight ini misalnya untuk rute pekanbaru menuju jogyakarta dimana kita akan berhenti dahulu di jakarta sebelum melanjutkan penerbangan menuju jogyakarta.

Sebagian besar rute rute yang membutuhkan konekting flight sudah disediakan oleh sebagian besar maskapai penerbangan di indonesia sehingga kita tidak perlu takut ketinggalan pesawat keberangkatan selanjutnya karena sudah menjadi tanggung jawab airlines. Begitu pula dengan bagasi yang langsung dibawa ke tujuan akhir tanpa harus diambil lagi pada saat pemberhentian (transit).
connecting flight

Beberapa saran dan panduan untuk memilih konekting flight yang sesuai untuk kenyamanan perjalanan dan keuangan bisa kita baca berikut ini.

1. Pilihlah konekting flight yang menggunakan satu maskapai penerbangan karena kita tidak perlu dipusingkan lagi oleh bagasi atau pun ketinggalan pesawat selanjutnya. Misalnya rute pekanbaru ke surabaya dimana pesawat untuk pekanbaru ke jakarta menggunakan Lion Air dan untuk rute jakarta ke surabaya juga menggunakan Lion Air.

2. Jika menggunakan maskapai penerbangan yang sama, pilihlah airlines yang menawarkan jadwal konekting yang tidak terlalu lama atau sesingkat mungkin. Jadwal konekting yang dimaksud disini adalah waktu menunggu dibandara transit sebelum berangkat kembali.

3. Mungkin harga tiket pesawat untuk rute konekting dengan maskapai penerbangan yang sama terlalu mahal, maka dapat dicari alternatif menggunakan maskapai penerbangan yang berbeda, misalnya untuk rute Medan menuju Surabaya dimana rute Medan ke Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan rute Jakarta ke Surabaya menggunakan pesawat lain.

4. Tidak semua rute konekting yang disediakan oleh maskapai penerbangan, ada sebagian rute perjalanan yang mengharuskan untuk mengganti maskapai penerbangan. Pilihlan harga tiket yang termurah dari tiap maskapai penerbangan begitu juga untuk rute konektingnya serta pilih jadwal penerbangan yang sesuai untuk konekting flight nya.

5. Jika menggunakan pesawat yang berbeda, tanyakan dan minta nasehat kepada travel agent jadwal yang tepat untuk konekting flight anda karena mereka biasanya sudah berpengalaman dan tahu pesawat mana yang harus digunakan dan dipasangkan untuk rute rute tertentu.

Hal terpenting yang harus diperhatikan jika menggunakan konekting flight dengan maskapai penerbangan yang berbeda adalah jadwal penerbangan dan selisih waktu di transit. Dalam dunia penerbangan komersial ini disebut minimum connecting time atau waktu minimum yang harus tersedia pada saat sesudah kedatangan dibandara transit sampai dengan keberangkatan kembali. Sebaiknya minimal connecting time jika menggunakan pesawat yang berbeda adalah 4 jam untuk menghindari keterlambatan pesawat selanjutnya jika terjadi delay atau keterlambatan pada pesawat sebelumnya.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :