Penerbangan Dengan Connecting Flight

Tidak semua penerbangan baik itu domestik atau Internasional terbang dari kota asal langsung menuju kota tujuan. Adakalanya pesawat akan melakukan transit terlebih dahulu disebuah kota untuk selanjutnya menuju kota tujuan. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti jarak antar kota atau negara yang jauh, biaya operasional dan lainnya.

Sebagian besar rute rute yang membutuhkan konekting flight sudah disediakan oleh sebagian besar maskapai penerbangan di indonesia sehingga kita tidak perlu takut ketinggalan pesawat keberangkatan selanjutnya karena sudah menjadi tanggung jawab airlines.

Begitu pula dengan bagasi yang langsung dibawa ke tujuan akhir tanpa harus diambil lagi pada saat pemberhentian (transit).


konekting flight


Pengertian Connecting Flight

Connecting flight adalah penerbangan dari satu kota ke kota lain atau dari suatu negara ke negara lain yang berhenti/transit di bandara lain sebelum berangkat lagi menuju tujuan yang sebenarnya. Konekting flight bisa menggunakan pesawat dari airlines yang sama dan bisa juga menggunakan pesawat dengan airlines yang berbeda.

Contoh konekting flight ini misalnya untuk rute pekanbaru menuju Yogyakarta dimana kita akan berhenti dahulu di Jakarta sebelum melanjutkan penerbangan menuju Yogyakarta.

Connecting Flight dengan Maskapai Penerbangan yang sama

Beberapa maskapai penerbangan menawarkan penerbangan ke suatu daerah menggunakan connecting flight. Pilihlah konekting flight yang menggunakan satu maskapai penerbangan karena kita tidak perlu dipusingkan lagi oleh bagasi atau pun ketinggalan pesawat selanjutnya.

Misalnya rute pekanbaru ke surabaya dimana pesawat untuk pekanbaru ke jakarta menggunakan Lion Air dan untuk rute jakarta ke surabaya juga menggunakan Lion Air.

Jika menggunakan maskapai penerbangan yang sama, pilihlah airlines yang menawarkan jadwal konekting yang tidak terlalu lama atau sesingkat mungkin.

Jadwal konekting yang dimaksud disini adalah waktu menunggu dibandara transit sebelum berangkat kembali.

Connecting Flight dengan Maskapai Penerbangan yang berbeda

Mungkin harga tiket pesawat untuk rute konekting dengan maskapai penerbangan yang sama terlalu mahal, maka dapat dicari alternatif menggunakan maskapai penerbangan yang berbeda.

Misalnya untuk rute Medan menuju Surabaya dimana rute Medan ke Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan rute Jakarta ke Surabaya menggunakan pesawat lain.

Pilihlan harga tiket yang termurah dari tiap maskapai penerbangan begitu juga untuk rute konektingnya serta pilih jadwal penerbangan yang sesuai untuk konekting flight nya.

Jika menggunakan pesawat yang berbeda, tanyakan dan minta nasehat kepada travel agent jadwal yang tepat untuk konekting flight anda karena mereka biasanya sudah berpengalaman dan tahu pesawat mana yang harus digunakan dan dipasangkan untuk rute rute tertentu.

Hal terpenting yang harus diperhatikan jika menggunakan konekting flight dengan maskapai penerbangan yang berbeda adalah jadwal penerbangan dan selisih waktu di transit.

Dalam dunia penerbangan komersial ini disebut minimum connecting time atau waktu minimum yang harus tersedia pada saat sesudah kedatangan dibandara transit sampai dengan keberangkatan kembali.

Sebaiknya minimal connecting time jika menggunakan pesawat yang berbeda adalah 4 jam untuk menghindari keterlambatan pesawat selanjutnya jika terjadi delay atau keterlambatan pada pesawat sebelumnya.

Semoga dengan informasi singkat ini bisa bermanfaat bagi kita yang ingin melakukan penerbangan kesuatu daerah yang mengharuskan untuk transit dikota lain terlebih dahulu.