Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Menyesal tidak booking tiket pesawat

Hari minggu terasa begitu sepi, sepi karena hanya sendirian kerja dan sepi karena kebetulan lagi low season. Untuk mengisi kesepian dengan ditemani  secangkir kopi mocca hangat dan sebungkus rokok saya akan berbagi pengalaman dalam hal reservasi tiket pesawat.

Seperti yang pernah dijelaskan sebelumnya, reservasi atau booking tiket pesawat adalah gratis. Namun masih banyak pelanggan yang takut melakukan reservasi tiket dengan alasan takut membayar jika nantinya reservasi tersebut tidak jadi. Padahal booking tiket tidaklah dikenakan biaya.

Suatu pagi, seorang pelanggan datang menanyakan harga tiket dengan rute pekanbaru ke menado untuk keberangkatan 1 hari kedepan. Setelah dilakukan pengecekan, maka didapat harga termurah menggunakan maskapai penerbangan lion air yaitu Rp. 1.176.000. Pada saat itu saya menyarankan agar dilakukan reservasi dan meminta nama penumpang yang akan berangkat. Pelanggan tersebut enggan memberikan nama. "Terima kasih mas, nanti saya kembali lagi" begitu kata pelanggan itu.

Beberapa jam kemudian pelanggan tersebut kembali datang dan menanyakan harga tiket dengan rute yang sama. Sangat sayang sekali, harga awal Rp. 1.176.000 yang tadi sudah tidak available lagi. Harga yang tersedia waktu itu adalah Rp. 1.312.000. Pelanggan tersebut terkejut, "Mas, kok harganya bisa berubah?" kata pelanggan itu. Namun dikarenakan pelanggan tersebut tetap harus berangkat ke menado, maka harga tersebut mau tidak mau dibeli karena takut akan lebih mahal lagi. "Menyesal saya mas, kenapa tadi tidak booking saja dahulu, akhirnya jadi nambah deh bayar tiketnya" kata pelanggan tersebut.

Peristiwa tersebut dapat memberikan pelajaran kepada kita bahwasanya harga tiket dapat berubah ubah kapan saja tergantung available seat. Ini bisa terjadi karena sistem reservasi bersifat online, siapa saja bisa melakukan reservasi. Harga awal (Rp. 1.176.000) diatas sudah tidak ada karena sudah diambil oleh orang lain sehingga seat yang available adalah seat dengan kelas diatasnya.

Untuk antisipasi agar tidak terjadi hal seperti diatas, setiap ada rencana perjalanan dan pada saat menanyakan harga tiket, segera lakukan reservasi. Jika reservasi telah dilakukan maka otomatis kita sudah mendapatkan harga pada waktu itu. Persoalan apakah tiket tersebut jadi kita ambil ataukah tidak bukan menjadi masalah, kita akan diberikan limit pembayaran untuk reservasi tersebut. Seandainya kita ingin mengambil tiket tersebut maka lakukan pembayaran sebelum limit pembayaran habis, namun jika ternyata kita tidak jadi mengambil tiket itu, maka biarkan saja reservasi itu batal secara otomatis dan kita tidak akan dipungut/diminta bayaran.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :