Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Delay keberangkatan pesawat terbang

Delay adalah keterlambatan keberangkatan atau kedatangan suatu pesawat terbang dari jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya. Sebagai pemakai jasa (penumpang), ketika maskapai penerbangan mengalami delay maka kita akan merasa kecewa dan marah karena selain dikarenakan bosan menunggu juga karena waktu terbuang sia sia padahal pekerjaan, tamu, keluarga sudah menunggu ditempat tujuan. Bagi pengusaha yang kebetulan ada rapat diluar kota menjadi batal ikut rapat karena delay tentu akan menimbulkan amarah.

Sebenarnya delay bukanlah kehendak dari maskapai penerbangan, maskapai penerbangan sendiri tidak pernah merencanakan atau menjadwalkan akan melakukan delay. Delay terjadi karena hal hal tertentu yang biasanya bersifat mendadak. Beberapa penyebab sehingga terjadinya delay pada penerbangan adalah:
  1. Kejadian yang tidak diperhitungkan dan tidak dapat dielakkan (diluar kekuasaan manusia) seperti banjir, gempa bumi, cuaca buruk dan lain lain.
  2. Pemeriksaan keamanan didalam pesawat dikarenakan adanya tamu V.I.P yang menumpang pada pesawat tersebut.
  3. Alasan teknis, seperti adanya kerusakan pada pesawat sehingga harus diperbaiki atau dipindahkan kepesawat lain
  4. Adanya penumpang yang terlambat check in, namun kasus ini biasanya hanya untuk tamu tamu V.I.P yang ditunggu.
  5. Penggunaan pesawat konekting, misalnya pesawat dengan rute pekanbaru ke yogyakarta via jakarta, dikarenakan pesawat sudah delay dari pekanbaru otomatis untuk rute jakarta ke yogyakarta yang memakai pesawat itu juga akan mengalami delay
Dari beberapa penyebab terjadinya delay diatas dapat kita lihat bahwasanya hal itu bukan kehendak dari maskapai penerbangan. Semua maskapai penerbangan pernah mengalami delay, garuda indonesia delay,  Lion Air Delay, Sriwijaya Delay, Airasia Delay dan maskapai penerbangan lainnya juga pernah mengalami delay penerbangan. Kalau kita pikirkan, tidak ada maskapai penerbangan yang mau maskapainya delay karena itu akan memperburuk citra mereka dihadapan para pengguna jasa penerbangan. Tetapi karena hal hal yang tidak terduga seperti force majeure, alasan teknis yang menyebabkan delay. Namun bagaimana pun juga maskapai penerbangan tetap bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan akibat delay itu.

Seperti kita ketahui, dalam Pasal 10 Permenhub disebutkan bahwa maskapai penerbangan yang mengalami keterlambatan atau delay lebih dari empat jam wajib memberikan ganti rugi sebesar Rp 300 ribu per penumpang. Namun kita berharap agar maskapai penerbangan indonesia meminimalisir penyebab delay ini agar penumpang merasa nyaman dalam perjalanannya.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :