Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Perbedaan Agen Perjalanan dengan Biro Perjalanan

Masih semangat berburu tiket promo dan tiket super murah?
Tidak akan pernah hilang semangat rasanya jika sudah berhubungan dengan tiket promo, siapa sih yang tidak mau tiket murah meriah. Namun artikel kali ini tidak akan membahas tentang tiket promo atau tiket murah atau tiket diskon dan semacamnya. Kali ini akan sedikit menambah pengetahuan dan informasi kita tentang agen perjalanan dan biro perjalanan.
Biro dan agen Perjalanan

Agen Perjalanan dan Biro Perjalanan sama sama bergerak dibidang jasa perjalanan, namun keduanya mempunyai perbedaan satu sama lain. Kita mungkin pernah sekali atau bahkan seringkali melakukan perjalanan wisata baik itu bersama keluarga maupun rekan kerja. Paket wisata yang kita beli ini disusun oleh Biro Perjalanan. Penyusunan dan penyelenggaran suatu paket wisata hanya dapat dilakukan oleh Biro perjalanan, sedangkan Agen perjalanan hanya menjadi perantara dalam menjual paket tersebut.

Sebagai orang awam barangkali kita berfikiran bahwa agen perjalanan dan biro perjalanan itu adalah sama, keduanya boleh menyusun dan menyelenggarakan suatu paket wisata, anggapan seperti ini adalah salah karena agen perjalanan dan biro perjalanan adalah berbeda. Perbedaan antara keduanya dapat kita lihat sebagai berikut.

Ruang Linkup Agen Perjalanan

Pembelian tiket angkutan udara, laut dan darat baik untuk rute domestik maupun internasional dapat dilakukan di agen perjalanan. Paket wisata yang disusun dan diselenggarakan oleh Biro perjalanan juga bisa kita dapatkan di agen perjalanan, namun hal ini agen perjalanan hanya bersifat perantara dalam menjualkan paket wisata tersebut.

Pengurusan dokumen perjalanan seperti visa, passport dan lain lain bisa dilakukan oleh agen perjalanan, agen perjalanan membantu dalam hal pengurusan dokumen perjalanan tersebut ke pihak pihak terkait. Dalam prakteknya dilapangan pada saat tour sedang berjalan, agen perjalanan juga bisa melakukan pemesanan akomodasi, pemesanan restoran pada saat tour, pesanan objek wisata yang akan dikunjungi dan sebagainya.

Ruang Linkup Biro Perjalanan

Paket tour yang mungkin pernah kita ikuti disusun dan diselenggarakan oleh biro perjalanan. Selain menyusun dan menyelenggarakan paket wisata, biro perjalanan juga bisa langsung menjual paket wisata tersebut ke wisatawan atau ke agen agen perjalanan. Pramuwisata, pelayanan angkutan wisata juga disediakan oleh biro perjalanan.

Seperti halnya agen perjalanan, biro perjalanan juga bisa melakukan pemesanan akomodasi, restoran dan objek wisata. Pengurusan dokumen perjalanan juga bisa dilakukan oleh biro perjalanan. Selain itu biro perjalanan juga bisa menyelenggarakan perjalanan ibadah seperti umroh dan haji plus.

Bisa kita lihat, ada beberapa hal yang dilakukan oleh biro perjalanan dapat juga dilakukan oleh agen perjalanan, namun ada juga hal hal yang tidak dapat dilakukan oleh agen perjalanan. Disinilah letak perbedaan antara agen perjalanan dengan biro perjalanan ini. Sedikit banyaknya semoga info ini bisa bermanfaat bagi pengunjung, bagi yang ingin menambahkan bisa melalui form komentar dibawah.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :