Data Print Out Booking Tiket

Bagi Anda yang pernah melakukan booking tiket baik di travel agent ataupun di airlines mungkin pernah mendapatkan secarik kertas print out yang berisikan detail booking Anda. Atau pihak airlines maupun travel agent memberikan kode booking dan time limit reservasi. Kita yang masih awam barangkali penasaran untuk apa sebenarnya data yang diberikan tersebut.

Untuk menjawab rasa penasaran dan menambah pengetahuan kita, disini akan dijelaskan bagian bagian ataupun hal hal yang perlu kita ingat dan simpan sesudah melakukan proses booking tiket pesawat.

Apakah Kode Booking

Kode booking adalah sebuah kode unik untuk membedakan setiap reservasi, kode ini berbeda untuk tiap tiap reservasi, kode ini memudahkan untuk pencarian data reservasi pada sistem. Dengan kode ini kita bisa mengetahui semua data dalam suatu reservasi.

Kode booking biasanya terdiri dari 6 (enam) huruf atau angka, kode booking bisa terdiri dari huruf saja atau angka saja atau gabungan dari huruf dan angka.

Dengan hanya dengan kode booking tersebut, kita bisa mencari detail reservasi atau tiket yang sebelumnya kita buat atau beli.

Contoh kode booking seperti Q6HGEB, 763982, HBKMM, dan lain sebagainya. Kode booking ini didapat setelah kita selesai melakukan proses booking.

Apakah Passenger Name ( Nama Penumpang )

Passenger name adalah data nama penumpang yang akan berangkat menggunakan tiket yang kita booking, nama ini harus sesuai dengan kartu pengenal.

Nama penumpang dimasukkan pada saat melakukan proses booking dan mesti diperhatikan, nama penumpang yang dimasukkan harus benar benar sesuai dengan nama yang tertera pada kartu pengenal.

Apakah Flight Number ( Nomor Penerbangan )

Nomor penerbangan menentukan jadwal dan jam penerbangan kita. Setiap penerbangan mempunyai flight number yang berbeda beda.

Sebagai contoh untuk penerbangan dari Jakarta ke Denpasar dengan pesawat citilink keberangkaran jam 07.45 pagi, nomor penerbangannya adalah QG682.

Untuk pesawat dan penerbangan lain, juga memiliki flight number atau nomor penerbangan tersendiri yang berbeda satu sama lainnya.

Apakah Time Limit ( Batas waktu pembayaran )

Setiap reservasi yang kita lakukan yang akan mendapatkan time limit, time limit ini adalah batas waktu yang diberikan untuk melakukan pembayaran atas reservasi tiket tersebut, pembayaran harus dilakukan sebelum time limit berakhir, jika time limit berakhir dan belum ada pembayaran maka reservasi kita akan batal secara otomatis.

Selain data data diatas, biasanya kita juga akan diminta nomor telpon yang bisa dihubungi yang nantinya akan berguna jika ada suatu hal perubahan jadwal penerbangan. Nomor telepon ini sangat penting agar kita mendapatkan informasi langsung jika terjadi perubahan jadwal.