Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Panduan Reservasi dan Tiketing Garuda Indonesia

Reservasi dan Tiketing adalah dua proses yang harus dilewati untuk mendapatkan tiket pesawat terbang, jangan hanya karena ingin mendapatkan tiket pesawat murah atau promosi kedua hal tersebut kita abaikan. Tidak sedikit kejadian dimana nama penumpang yang berbeda dengan nama yang tertera ditiket, jadwal keberangkatan yang salah dan lain sebagainya.

Untuk mengingat kembali agar tidak terjadi kesalahan dalam proses reservasi tiket pesawat maupun proses tiketing tiket, disini akan dijelaskan hal hal ataupun panduan untuk proses reservasi dan tiketing tiket pesawat garuda indonesia.
Panduan Garuda Indonesia

Secara khusus, panduan ini berguna untuk para staff di bagian reservasi dan tiketing travel agent yang menjual tiket pesawat garuda indonesia dan dikantor penjualan garuda indonesia sendiri, namun secara umum panduan reservasi dan tiketing ini tentunya juga sangat berguna untuk para pelanggan garuda indonesia agar kesalahan yang tidak perlu terjadi dapat diminimalisir.

Untuk dapat diperhatikan dalam proses reservasi dan tiketing tiket pesawat garuda indonesia bisa kita lihat sebagai berikut:

Panduan Reservasi Tiket Garuda Indonesia

  1. Pastikan melakukan booking dengan nama penumpang sesuai dengan nama yang tertera pada kartu identitas (KTP/Kartu Pelajar untuk penerbangan domestik dan PASSPORT untuk penerbangan internasional.
  2. Pastikan booking segment (Itinerary)sudah sesuai dengan permintaan penumpang.
  3. Pastikan agen / penumpang sudah mengetahui batas waktu pembelian ticket yang diberikan (TIME LIMIT).
  4. Pastikan nomor telepon penumpang sudah di setiap kota pemberhentian (stop over point) yang dapat dihubungi (local Contact ; lebih dikehendaki nomor handphone/mobile phone penumpang) telah tertera pada PNR dan informasikan kepada penumpang hal ini untuk memudahkan saat menhubungi penumpang untuk memberitahukan flight irregularity seperti schedule change,Flight NOOP,dll.dan GARUDA tidak bertanggung jawab apabila penumpang tidak mencamtumkan local contact yang dapat dihubungi sehingga mengakibatkan penumpang tertinggal atau tidak bisa melakukan perjalanan.
  5. Pastikan setiap PNR memiliki nomor ticket yang benar (SSRTKNE),Garuda akan membatalkan segment lanjutan yang tidak mempunyai ticket.Seperti contoh rute PKU-JKT-PKU,yang tercantum hanya ticket PKU-JKT maka Garuda akan membatalkan rute JKT-PKU yang tidak ada ticket nya.
  6. Pastikan permintaan penumpang akan special service requirement (SSR) tercatat dengan baik dan benar pada PNR sesuai aturan yang berlaku.
  7. Pastikan permintaan akan baby bassinet terbukukan dengan baik dan benar.nomor kursi yang diberikan harus sesuai dengan kursi yang disediakan untuk fasilitas BSCT tersebut.
  8. Pastikan nama penumpang bayi dan usianya sudah dimasukan kedalam PNR pada SSR INFT.
  9. Pastikan nama penumpang anak-anak dan usianya sudah dimasukan kedalam PNR pada SSR CHLD.
  10. Pastikan informasi nomor ticket ada pada PNR,baik pada SSR TKNE,TKT-DATA STORED (FW*)

Panduan Tiketing Tiket Garuda Indonesia

  1. Pastikan membuat ticket dengan nama penumpang sesuai dengan yang tertera pada kartu identitas.
  2. Pastikan nomor ticket pada itinerary Ticket Receipt / ITR yang tercetak ada dalam data base computer / ARGA ET (Setelah cetak ticket selalu lakukan FW*NO ticket).
  3. Pastikan ticket image yang tercetak ,benar jumlah flight coupon dan status coupon O (OPEN).
  4. Pastikan setiap PNR memiliki nomor ticket yang benar (SSRTKNE),Garuda akan membatalkan segment lanjutan yang tidak mempunyai ticket.Seperti contoh rute PKU-JKT-PKU,yang tercantum hanya ticket PKU-JKT maka Garuda akan membatalkan rute JKT-PKU yang tidak ada ticket nya.
  5. Pastikan SSR TKNE harus sequence sesuai dengan itinerary reservasi.
  6. Pastikan semua informasi peraturan tarip yang yang ada pada ticket diketahui oleh oleh penumpang ,seperti REBOOKING FEE,REISSUE FEE,OTHER PENALTIES,VALIDITY,DLL
  7. Pastikan nomor telepon penumpang sudah di setiap kota pemberhentian (stop over point) yang dapat dihubungi (local Contact ; lebih dikehendaki nomor handphone/mobile phone penumpang) telah tertera pada PNR dan informasikan kepada penumpang hal ini untuk memudahkan saat menhubungi penumpang untuk memberitahukan flight irregularity seperti schedule change,Flight NOOP,dll.dan GARUDA tidak bertanggung jawab apabila penumpang tidak mencamtumkan local contact yang dapat dihubungi sehingga mengakibatkan penumpang tertinggal atau tidak bisa melakukan perjalanan.
  8. Pastikan pada waktu melapor chek in penumpang harus membawa kartu identitas yang nama nya sesuai dengan nama yang tertera pada ticket.
  9. Untuk ticket bayi (INFT),pastikan terhubung dengan nama dewasa yang sama pada reservasinya.
  10. Informasikan kepada penumpang bahwa Chek in dibuka 4 jam dan ditutup 1 jam untuk penerbangan internasional dan 45 menit untuk penerbangan domestik sebelum keberangkatan pesawat.
Semoga dengan adanya panduan diatas dapat meminimalisir atau menghindari terjadinya kesalahan dalam proses reservasi dan tiketing tiket garuda indonesia kita. Data yang benar, keselamatan dan kenyamanan adalah hal yang sangat diperlukan dalam perjalanan udara kita.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :