Traveling Tips

Traveling tips and information for ticket prices, holidays, hotel, booking, tour, travel agents, airlines, cruises, travel insurance, travel tips and others

Refund dan Void Tiket Pesawat

"Mas, bisa nggak tiket saya ini di void aja", kata seorang pelanggan kepada bagian tiketing salah satu travel agent. "Maaf Pak, tiket bapak tidak bisa di void, tetapi masih bisa di refund kok", kata staff travel agent tersebut.

Dua istilah ini ( Void dan Refund ) mungkin pernah Anda dengar sebelumnya dan artinya pun Anda pasti sudah mengetahuinya. Namun yang selalu menjadi masalah adalah seringnya terjadi kesalahpahaman dari pelanggan terhadap aturan aturan void dan refund ini serta biaya administrasi yang dikenakan.
Refund dan Void Tiket

Sebagai pemahaman dan gambaran bagi kita semua, disini akan dijelaskan sedikit tentang void dan refund (untuk tiket pesawat terbang). Namun mungkin masih banyak kekurangannya, untuk itu bagi yang mempunyai masukan dapat mengirimkan komentarnya melalui Forum

Void Tiket Pesawat

Void bisa diartikan sebagai "tidak berlaku lagi". Dalam hal tiket pesawat, void tiket berarti tiket yang tidak berlaku lagi yang tidak bisa dipakai untuk penerbangan.

Sebagai contoh, seorang tiketing yang akan melakukan issued tiket dengan data reservasi untuk nama penumpang "RUDI MUDAMUDI MR" setelah tiket pesawat diterbitkan, ternyata terdapat kesalahan dimana nama penumpang sebenarnya di kartu pengenal adalah "RUDI MUDALARI MR". Ini berarti nama pada kartu pengenal tidak sama dengan nama yang ditulis pada tiket sehingga tiket tersebut tidak bisa dipakai.

Dengan adanya kesalahan penulisan nama tersebut maka di void lah tiket tersebut. Saat ini tidak semua maskapai penerbangan mempunyai kebijakan void tiket, sebagian maskapai penerbangan mengharuskan membeli tiket baru sesuai tanda pengenal dan tiket lama yang salah bisa di refund. Sepengetahuan penulis, saat ini maskapai penerbangan yang masih mempunyai kebijakan void tiket adalah Garuda indonesia dengan syarat void dilakukan pada hari tiket di issued / diterbitkan. Besarnya biaya administrasi void tiket tergantung daripada airlines masing masing, untuk tiket garuda indonesia biaya adminstrasinya adalah sebesar Rp. 100.000 pertiket yang void.

Siapa yang harus membayar biaya void tiket ?

Yang akan membayar biaya void ini ada dua kemungkinan:
  1. Kesalahan penerbitan dilakukan oleh bagian tiketing, artinya calon penumpang telah memberikan data dengan benar sesuai dengan identitasnya  tetapi pada saat menerbitkan tiket, tiketing ini menerbitkan tiket dengan data yang tidak sama dengan tanda pengenal penumpang (mungkin bagian tiketingnya sedang galau diputusin pacarnya..hehehehe). Dalam hal ini, yang harus membayar biaya void tersebut adalah bagian tiketing tersebut.
  2. Kesalahan terjadi karena kesalahan pemberian data penumpang. Ini biasanya terjadi karena yang memberikan data adalah bukan orang yang akan berangkat. Sebagai contoh si A yang akan berangkat minta bantuan temannya si B untuk membelikan tiket. Pada saat si B memberikan data si A kepada reservasi/tiketing, ternyata si B tidak yakin benar akan nama lengkap si A namun tetap melakukan reservasi. Setelah tiket dibeli dan diberikan kepada si A, ternyata nama yang tertera terdapat kesalahan yang menyebabkan tiket harus di void. Pada kasus ini, yang bertanggung jawab membayar biaya void tersebut adalah dari pihak pelanggan.
Sebagai manusia kita tidak luput dari kesalahan, namun penyelesaian yang baik tentunya yang kita harapkan, jangan sampai kita saling mempertahankan diri sebagai yang benar tanpa melihat dan menyelidiki kejadian yang sebenarnya.

CATATAN: KEBIJAKAN VOID TIKET HANYA BERLAKU BAGI SEBAGIAN MASKAPAI PENERBANGAN.

Refund Tiket Pesawat

Refund adalah "mengembalikan sejumlah uang". Dalam hal tiket pesawat, refund berarti mengembalikan sejumlah uang yang telah dibayarkan penumpang karena alasan tertentu yang memungkinkan untuk dikembalikan.

Untuk diketahui, tidak semua tiket bisa dilakukan proses refundnya, refund hanya bisa dilakukan untuk harga tiket tertentu saja. Harga harga tiket yang bisa direfund ditentukan oleh airlines masing masing.

Beberapa sebab dilakukannya Refund atas tiket pesawat

  1. Terjadinya pembatalan penerbangan oleh pihak airlines karena alasan teknis dimana pesawat mereka tidak bisa terbang sebagaimana biasanya. Refund untuk tiket ini biasanya adalah Refund Full, artinya berapa jumlah yang dibayarkan penumpang untuk tiket tersebut maka sebesar itu pulalah penumpang tersebut menerima kembali uangnya.
  2. Terjadinya pembatalan perjalanan dari penumpang itu sendiri.Pembatalan bisa terjadi karena ada urusan mendadak menyebabkan penumpang tidak bisa menggunakan tiket pesawatnya sesuai jadwal yang telah ditentukan. Pembatalan bisa juga terjadi karena alasan kesehatan dan sebagainya yang mana alasan pembatalan berasal dari penumpang itu sendiri. Uang refund untuk pembatalan ini akan dikenakan biaya administrasi dan biaya pembatalan, besarnya biaya administrasi refund tergantung dari airlines masing masing.
Contoh Refund yang disebabkan oleh pembatalan perjalanan dari penumpang. Misalnya si A telah membeli tiket pesawat dengan rute Pekanbaru ke Jakarta dengan harga Rp. 459.000. Rincian harga tiket tersebut adalah; Basic Fare = Rp. 220.909, PPn = Rp. 22.090, IWJR = Rp. 6.000, Fuel Surcharge = Rp. 210.000. Karena ada sesuatu hal yang sangat mendesak si A terpaksa membatalkan rencana perjalanannya tersebut.

Kita buat dua kemungkinan waktu pembatalan reservasi si A tersebut dengan biaya administrasi sebesar Rp. 100.000:
  • Pembatalan lebih dari 24 jam sebelum penerbangan. Kita anggap biaya pembatalan tidak ada karena pembatalan dilakukan lebih dari 24 jam sehingga biaya yang dikenakan hanya biaya adminstrasi. Refund untuk tiket si A adalah sebesar harga tiket dikurangi dengan biaya administrasi dari airlines. Hitungannya adalah Rp. 459.000 – Rp. 100.000 = Rp. 359.000.
  • Pembatalan kurang dari 24 jam penerbangan. Kita anggap biaya pembatalan adalah sebesar 50% dari basic fare. Refund untuk tiket si A adalah sebesar harga tiket dikurangi dengan biaya administrasi dari airlines dikurangi dengan biaya charge/cancellation. Hitungannya adalah Rp. 459.000 – Rp. 100.000 – ( 50% x Rp. 220.909) = Rp. 248.546
Untuk diingat, ini hanyalah contoh perhitungan sebagai gambaran bagi kita dalam proses refund tiket kita. Untuk proses refund tiket masing masing maskapai penerbangan bisa dibaca pada tulisan tiketips.com lainnya yang membahas secara lebih dalam tentang refund.

Jika ingin mendapatkan update GRATIS dari kami setiap ada update terbaru, silahkan masukkan email Anda pada kolom dibawah

Setelah menekan tombol Kirimkan, Segera cek email Anda untuk konfirmasi

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :